Sabtu, 15 Oktober 2016

KOMUNIKASI SECARA UMUM DAN DALAM ORGANISASI

Komunikasi tuh apasih? banyak dari kita yang mungkin belum terlalu mengerti apa artinya komunikasi dan seberapa penting komunikasi dalam kehidupan sehari-hari kita, kita simak yuk penjelasan tentang komunikasi dibawah ini......








KOMUNIKASI SECARA UMUM
Pengertian Komunikasi Secara Umum adalah proses pengiriman dan penerimaan pesan atau informasi antara dua individu atau lebih dengan efektif sehingga dapat dipahami dengan mudah. Istilah komunikasi berasal dari kata communication atau communis yang memiliki arti sama atau sama yang memiliki makna pengertian bersama. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita dari dua orang atau lebih agar pesan yang dimaksud dapat dipahami.
Tujuan Komunikasi - Secara umum, tujuan komunikasi adalah sebagai berikut... 
  • Supaya yang disampaikan komunikator dapat dimengerti oleh komunikan. 
  • Agar dapat memahami orang lain. Dengan melakukan komunikasi, setiap individu dapat memahami individu yang lain dengan kemampuan mendengar apa yang dibicarakan orang lain. 
  • Agar pendapat kita diterima orang lain. Komunikasi dan pendekatan persuasif merupakan cara agar gagasan kita diterima oleh orang lain. 
  • Menggerakkan orang lain untuk melakukan sesuatu. 
Fungsi Komunikasi - Secara umum, fungsi komunikasi adalah sebagai berikut...
  • Sebagai Kendali : komunikasi bertindak untuk mengendalikan perilaku orang lain atau anggota dalam beberapa cara yang harus dipatuhi. 
  • Sebagai Motivasi : Komunikasi memberikan perkembangan dalam memotivasi dengan memberikan penjelasan dalam hal-hal dalam kehidupan kita. 
  • Sebagai Pengungkapan Emosional : Komunikasi memiliki peranan dalam mengungkapkan perasaan-perasaan kepada orang lain, baik itu senang, gembira, kecewa, tidak suka. dan lain-lainnya. 
  • Sebagai Informasi : Komunikasi memberikan informasi yang diperlukan dari setiap individu dan kelompok dalam mengambil keputusan dengan meneruskan data guna mengenai dan menilai pemilihan alternatif. 
Syarat-Syarat Komunikasi - Syarat-syarat komunikasi adalah sebagai berikut.. 
  • Source (sumber). 
  • Komunikator 
  • Pesan
  • Saluran (channel) 
  • Komunikan
  • Effect (hasil) 

Jenis-jenis dari Komunikasi diantaranya:
  • Komunikasi Intrapribadi : "Komunikasi ini secara tidak langsung ada pada diri kita"
  • Komunikasi Antarpribadi :"Jadi jenis komunikasi ini yang saling berkaitan dan berhubungan dengan lingkungan/situasi tersebut"
  • Komunikasi Kelompok (Kecil) : "Sebagai contoh : komunikasi sesama anggota kelompok/organisasi"
  • Komunikasi Publik : "Pada jenis komunikasi ini merupakan kemunikasi yang bertujuan untuk memberikan informasi secara cepat dan tepat secara langsung"
  • Komunikasi Organisasi : terjadi dalam suatu organisasi, bersifat formal dan informal, dan berlangsung dalam jaringan yang lebih besar dari komunikasi kelompok.
  • Komunikasi Massa :"Hampir sama dengan komunikasi publik,tetapi komunikasi ini disebarkan secara tidak langsung."
Ada 2 jenis Komunikasi lagi yang saya dapat dari artikel Wikipedia, diantaranya:"
·         Komunikasi lisan , Komunikasi lisan dibagi menjadi 2 yaitu:                               
  • komunikasi lisan secara langsung adalah komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang saling bertatap muka secara langsung dan tidak ada jarak atau peralatan yang membatasi mereka. Terjadi pada saat dua orang atau lebih saling berbicara/ berdialog, pada saat wawancara, rapat, berpidato.
  • komunikasi lisan yang tidak langsung adalah komunikasi yang dilakukan dengan perantara alat seperti telepon, handphone, VoIP, dsb karena adanya jarak dengan si pembicara dengan lawan bicara.
·         Komunikasi tulisan adalah komunikasi yang di lakukan dengan perantaraan tulisan tanpa adanya pembicaraan secara langsung dengan menggunakan bahasa yang singkat, jelas, dan dapat dimengerti oleh penerima.Komunikasi tulisan dapat berupa surat-menyurat,sms,email

PROSES KOMUNIKASI

"Proses komunikasi dapat terjadi juga apabila ada interaksi antar manusia dan yang saling ingin memahami satu sama lain atau kelompok lain.Banyak sekali proses yang menimbulkan komunikasi."
  1. Komunikator
  2. Pesan
  3. Penerima
  4. Feedback
"Jadi Proses komunikasi tidak terlepas dari adanya (Pengirim/Komunikator, Informasi, Penerima). Komunikasi sangat penting bagi kehidupan manusia,karena sehari-hari manusia melakukan komunikasi untuk kegiatannya,kebutuhan rohaninya,dan banyak hal lagi.Itulah sebabnya manusia memerlukan komunikasi untuk menjalani kehidupan."

KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI
     Komunikasi adalah proses dimana orang yang bekerja  dalam organisasi saling mentransmisikan informasi dan menginterpretasikan artinya. Yang penting komunikasi dalam organisasi diperolehnya komunikasi yang efisien dan efektif. Komunikasi yang efektif terjadi bila artian yang dimaksudkan oleh pengirim berita dan artian yang ditangkap oleh penerima berita itu sama dan satu. Sedangkan komunikasi yang efisien terjadi bila biayanya minimum berdasar sumber daya yang dimanfaatkan.
Komunikasi yang efektif sangat penting bagi manajer, karena sebagai proses dimana fungsi manajemen seperti  fungsi perencanaan, fungsi pengorganisasian, fungsi kepemimpinan, fungsi pengendalian dapat dicapai. Komunikasi biasanya sering terganggu hal ini dikarenakan masalah sematik/arti kata, tak adanya umpan balik, saluran komunikasi, gangguan fisik, perbedaan budaya dan status.
Ada pedoman untuk mendapatkan komunikasi secara efektif antara lain yaitu bahwa seseorang harus mendengarkan secara aktif, usahakan memberikan umpan balik, lansung pada masalah, mengambarkan situasi,dan meringkas. Proses komunikasi memungkinkan para manajer menjalankan tanggung jawabnya dan informasi harus dikomunikasikan jepada para manajer sebagai dasar pembuatan keputusan dalam pembuatan fungsi manajer baik secara lisan maupun tulisan.
Komunikasi dapat diartikan sebagai proses pemindahan dalam gagasan atau informasi seseorang ke orang lain. Selain dikatakan sebagai proses pemindahan gagasan seseorang dari orang lain dalam bentuk kata-kata tetapi juga dalam bentuk ekspresi wajah intonasi dan sebagainya. Komunikasi dapat menghubungkan antara bagian yang berbeda atau disebut rantai pertukaran informasi. Hal ini mengandung unsur-unsur ;
  1. Sebagai kegiatan seseorang untuk megerti,
  2. Sebagai sarana pengendalian informasi,
  3. Sebagai sistem bagi terjalinnya komunikasi diantara individu-individu.
Menurut pakar American Management Association ada 10 aturan jika ingin berkomunikasi dengan baik:
  • Jelaskan konsep/ide Anda sebelum berkomunikasi,
  • Teliti tujuan sebenarnya dalam komunikasi,
  • Pertimbangkan suasana lingkungan dan waktu,
  • Hubungan pihak lain,
  • Waspada atas nada dan isi berita,
  • Komunikasikan seseorang yang membantu dan bernilai bagi penerima,
  • Tindak lanjut komunikasi,
  • Komunikasi untuk waktu yang akan datang pula,
  • Tindakan konsisten dengan kata,dan
  • Menjadilah pendengar yang baik.
PROSES KOMUNIKASI
Contoh model komunikasi yang sederhana digambarkan dibawah ini :
Jika salah satu elemen komunikasi tidak ada maka komunikasi tidak akan berjalan. Ada komponen-komponen dalam komunikasi antara lain :
  • Pengirim(Sender=Sumber)
  • Pengkodean (Encoding)
  • Pesan (Massage)
  • Penerima (Recaiver)
  • Penafsiran kode (Decoding) 
  •  Umpan balik (Feedback)
Adapun jenis- jenis komunikasi dalam organisasai antara lain :
a. Komunikasi formal vs informal
b. Komunikasi ke bawah vs komunikasi ke atas vs komunikasi lateral
c. Komunikasi satu arah dan dua arah

KOMUNIKASI EFEKTIF
Komunikasi Efektif adalah komunikasi yang mampu menghasilkan perubahan sikap (attitude change) pada orang yang terlibat dalam komunikasi.
Komunikasi Efektif adalah saling bertukar informasi, ide, kepercayaan, perasaan dan sikap antara dua orang atau kelompok yang hasilnya sesuai dengan harapan.
Tujuannya adalah memberi kemudahan dalam memahami pesan yang diberikan.
Bentuk komunikasi efektif :
  • Komunikasi verbal efektif  
  1. Berlangsung secara timbal balik.
  2. Makna pesan ringkas dan jelas.
  3. Bahasa mudah dipahami.
  4. Cara penyampaian mudah diterima.
  5. Disampaikan secara tulus.
  6. Mempunyai tujuan yang jelas.
  7. Memperlihatkan norma yang berlaku.
  8. Disertai dengan humor
  • Komunikasi non verbal : (Yang perlu di perhatikan dalam komunikasi non verbal adalah) :
  1. Penampilan visik.
  2. Sikap tubuh dan cara berjalan.
  3. Ekspresi wajah.
  4. Sentuhan
Unsur-unsur dalam membangun komunikasi efektif :
  1. Berhadapan.
  2. Mempertahankan kontak mata.
  3. Membungkuk ke arah klien.
  4. Mempertahankan sikap terbuka.
  5. Tetap relax.
IMPLIKASI MANAJERIAL
Implikasi manajerial adalah bagaimana meningkatkan produktifitas dengan cara meningkatkan kapasitas, kualitas, efisiensi dan efektivitas dari sumber daya yang ada. apa implikasi manajerial yang muncul dari organisasi tanpa pembatas (borderless Tipe organisasi transnasional/tanpa batas memakai pengaturan yang mengeliminasi atau menghapus halangan geografis artitisial.Para manajer memilih pendekatan ini dalam rangka meningkatkan efisiensi dan efektivitas di pasar global yang kompetitif.Implikasi yang dirasakan oleh para pihak manajer adalah bagaimana mereka bisa mengembangkan produk yang diproduksi di negara lain,dengan baik dengan cara memanfaatkan sumber daya alam dan manusia yang ada pada negara ttersebut.Jadi struktur organisasi manajerial tidak akan berpusat pada satu organisasi manajerial namun harus mencakup seluruh struktur organisasi manajerial di seluruh negara dimana perusahaan iitu berada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar