KOMUNIKASI SECARA UMUM
Pengertian
Komunikasi Secara Umum adalah
proses pengiriman dan penerimaan pesan atau informasi antara dua individu atau
lebih dengan efektif sehingga dapat dipahami dengan mudah. Istilah komunikasi berasal
dari kata communication atau communis yang memiliki arti sama
atau sama yang memiliki makna pengertian bersama. Dalam Kamus Besar Bahasa
Indonesia, pengertian komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau
berita dari dua orang atau lebih agar pesan yang dimaksud dapat dipahami.
Tujuan Komunikasi - Secara umum, tujuan
komunikasi adalah sebagai berikut...
- Supaya yang disampaikan komunikator dapat dimengerti oleh komunikan.
- Agar dapat memahami orang lain. Dengan melakukan komunikasi, setiap individu dapat memahami individu yang lain dengan kemampuan mendengar apa yang dibicarakan orang lain.
- Agar pendapat kita diterima orang lain. Komunikasi dan pendekatan persuasif merupakan cara agar gagasan kita diterima oleh orang lain.
- Menggerakkan orang lain untuk melakukan sesuatu.
Fungsi Komunikasi - Secara umum,
fungsi komunikasi adalah sebagai berikut...
- Sebagai Kendali : komunikasi bertindak untuk mengendalikan perilaku orang lain atau anggota dalam beberapa cara yang harus dipatuhi.
- Sebagai Motivasi : Komunikasi memberikan perkembangan dalam memotivasi dengan memberikan penjelasan dalam hal-hal dalam kehidupan kita.
- Sebagai Pengungkapan Emosional : Komunikasi memiliki peranan dalam mengungkapkan perasaan-perasaan kepada orang lain, baik itu senang, gembira, kecewa, tidak suka. dan lain-lainnya.
- Sebagai Informasi : Komunikasi memberikan informasi yang diperlukan dari setiap individu dan kelompok dalam mengambil keputusan dengan meneruskan data guna mengenai dan menilai pemilihan alternatif.
Syarat-Syarat Komunikasi - Syarat-syarat komunikasi adalah sebagai berikut..
- Source (sumber).
- Komunikator
- Pesan
- Saluran (channel)
- Komunikan
- Effect (hasil)
Jenis-jenis dari
Komunikasi diantaranya:
- Komunikasi Intrapribadi : "Komunikasi ini secara tidak langsung ada pada diri kita"
- Komunikasi Antarpribadi :"Jadi jenis komunikasi ini yang saling berkaitan dan berhubungan dengan lingkungan/situasi tersebut"
- Komunikasi Kelompok (Kecil) : "Sebagai contoh : komunikasi sesama anggota kelompok/organisasi"
- Komunikasi Publik : "Pada jenis komunikasi ini merupakan kemunikasi yang bertujuan untuk memberikan informasi secara cepat dan tepat secara langsung"
- Komunikasi Organisasi : terjadi dalam suatu organisasi, bersifat formal dan informal, dan berlangsung dalam jaringan yang lebih besar dari komunikasi kelompok.
- Komunikasi Massa :"Hampir sama dengan komunikasi publik,tetapi komunikasi ini disebarkan secara tidak langsung."
Ada 2 jenis Komunikasi lagi yang saya
dapat dari artikel Wikipedia, diantaranya:"
·
Komunikasi lisan , Komunikasi lisan dibagi menjadi 2 yaitu:
- komunikasi lisan secara langsung adalah komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang saling bertatap muka secara langsung dan tidak ada jarak atau peralatan yang membatasi mereka. Terjadi pada saat dua orang atau lebih saling berbicara/ berdialog, pada saat wawancara, rapat, berpidato.
- komunikasi lisan yang tidak langsung adalah komunikasi yang dilakukan dengan perantara alat seperti telepon, handphone, VoIP, dsb karena adanya jarak dengan si pembicara dengan lawan bicara.
·
Komunikasi tulisan adalah komunikasi yang di lakukan dengan perantaraan tulisan
tanpa adanya pembicaraan secara langsung dengan menggunakan bahasa yang
singkat, jelas, dan dapat dimengerti oleh penerima.Komunikasi tulisan dapat
berupa surat-menyurat,sms,email
PROSES KOMUNIKASI
"Proses komunikasi dapat terjadi juga apabila ada interaksi antar manusia
dan yang saling ingin memahami satu sama lain atau kelompok lain.Banyak sekali
proses yang menimbulkan komunikasi."
- Komunikator
- Pesan
- Penerima
-
Feedback
"Jadi Proses komunikasi tidak terlepas dari adanya (Pengirim/Komunikator, Informasi,
Penerima). Komunikasi sangat penting bagi kehidupan manusia,karena sehari-hari
manusia melakukan komunikasi untuk kegiatannya,kebutuhan rohaninya,dan banyak
hal lagi.Itulah sebabnya manusia memerlukan komunikasi untuk menjalani kehidupan."
KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI
Komunikasi
adalah proses dimana orang yang bekerja
dalam organisasi saling mentransmisikan informasi dan menginterpretasikan
artinya. Yang penting komunikasi dalam organisasi diperolehnya komunikasi yang
efisien dan efektif. Komunikasi yang efektif terjadi bila artian yang
dimaksudkan oleh pengirim berita dan artian yang ditangkap oleh penerima berita
itu sama dan satu. Sedangkan komunikasi yang efisien terjadi bila biayanya
minimum berdasar sumber daya yang dimanfaatkan.
Komunikasi
yang efektif sangat penting bagi manajer, karena sebagai proses dimana fungsi
manajemen seperti fungsi perencanaan, fungsi pengorganisasian, fungsi
kepemimpinan, fungsi pengendalian dapat dicapai. Komunikasi biasanya sering
terganggu hal ini dikarenakan masalah sematik/arti kata, tak adanya umpan
balik, saluran komunikasi, gangguan fisik, perbedaan budaya dan status.
Ada
pedoman untuk mendapatkan komunikasi secara efektif antara lain yaitu bahwa
seseorang harus mendengarkan secara aktif, usahakan memberikan umpan balik,
lansung pada masalah, mengambarkan situasi,dan meringkas. Proses komunikasi
memungkinkan para manajer menjalankan tanggung jawabnya dan informasi harus dikomunikasikan
jepada para manajer sebagai dasar pembuatan keputusan dalam pembuatan fungsi
manajer baik secara lisan maupun tulisan.
Komunikasi
dapat diartikan sebagai proses pemindahan dalam gagasan atau informasi
seseorang ke orang lain. Selain dikatakan sebagai proses pemindahan gagasan
seseorang dari orang lain dalam bentuk kata-kata tetapi juga dalam bentuk
ekspresi wajah intonasi dan sebagainya. Komunikasi dapat menghubungkan antara
bagian yang berbeda atau disebut rantai pertukaran informasi. Hal ini mengandung
unsur-unsur ;
- Sebagai kegiatan seseorang untuk megerti,
- Sebagai sarana pengendalian informasi,
- Sebagai sistem bagi terjalinnya komunikasi diantara individu-individu.
Menurut
pakar American Management Association ada 10 aturan jika ingin berkomunikasi
dengan baik:
- Jelaskan konsep/ide Anda sebelum berkomunikasi,
- Teliti tujuan sebenarnya dalam komunikasi,
- Pertimbangkan suasana lingkungan dan waktu,
- Hubungan pihak lain,
- Waspada atas nada dan isi berita,
- Komunikasikan seseorang yang membantu dan bernilai bagi penerima,
- Tindak lanjut komunikasi,
- Komunikasi untuk waktu yang akan datang pula,
- Tindakan konsisten dengan kata,dan
- Menjadilah pendengar yang baik.
PROSES KOMUNIKASI
Contoh
model komunikasi yang sederhana digambarkan dibawah ini :
Jika
salah satu elemen
komunikasi tidak ada maka
komunikasi tidak akan berjalan. Ada komponen-komponen dalam komunikasi antara
lain :
- Pengirim(Sender=Sumber)
- Pengkodean (Encoding)
- Pesan (Massage)
- Penerima (Recaiver)
- Penafsiran kode (Decoding)
- Umpan balik (Feedback)
Adapun jenis- jenis
komunikasi dalam organisasai
antara lain :
a.
Komunikasi formal vs informal
b.
Komunikasi ke bawah vs komunikasi ke
atas vs komunikasi lateral
c.
Komunikasi satu arah dan dua arah
KOMUNIKASI EFEKTIF
Komunikasi Efektif adalah komunikasi
yang mampu menghasilkan perubahan sikap (attitude change) pada orang
yang terlibat dalam komunikasi.
Komunikasi Efektif adalah saling
bertukar informasi, ide, kepercayaan, perasaan dan sikap antara dua orang atau
kelompok yang hasilnya sesuai dengan harapan.
Tujuannya adalah memberi kemudahan dalam memahami pesan yang
diberikan.
Bentuk komunikasi efektif :- Komunikasi verbal efektif
- Berlangsung secara timbal balik.
- Makna pesan ringkas dan jelas.
- Bahasa mudah dipahami.
- Cara penyampaian mudah diterima.
- Disampaikan secara tulus.
- Mempunyai tujuan yang jelas.
- Memperlihatkan norma yang berlaku.
- Disertai dengan humor
- Komunikasi non verbal : (Yang perlu di perhatikan dalam komunikasi non verbal adalah) :
- Penampilan visik.
- Sikap tubuh dan cara berjalan.
- Ekspresi wajah.
- Sentuhan
Unsur-unsur
dalam membangun komunikasi efektif :
- Berhadapan.
- Mempertahankan kontak mata.
- Membungkuk ke arah klien.
- Mempertahankan sikap terbuka.
- Tetap relax.
IMPLIKASI MANAJERIAL
Implikasi manajerial adalah bagaimana meningkatkan
produktifitas dengan cara meningkatkan kapasitas, kualitas, efisiensi dan
efektivitas dari sumber daya yang ada. apa implikasi manajerial yang muncul
dari organisasi tanpa pembatas (borderless Tipe organisasi transnasional/tanpa
batas memakai pengaturan yang mengeliminasi atau menghapus halangan geografis
artitisial.Para manajer memilih pendekatan ini dalam rangka meningkatkan
efisiensi dan efektivitas di pasar global yang kompetitif.Implikasi yang
dirasakan oleh para pihak manajer adalah bagaimana mereka bisa mengembangkan
produk yang diproduksi di negara lain,dengan baik dengan cara memanfaatkan
sumber daya alam dan manusia yang ada pada negara ttersebut.Jadi struktur
organisasi manajerial tidak akan berpusat pada satu organisasi manajerial namun
harus mencakup seluruh struktur organisasi manajerial di seluruh negara dimana
perusahaan iitu berada.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar